Sabtu, 26 November 2011

Comal Pemalang

Pabrik gula Comal (tahun 1904)
Comal adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kecamatan ini berada di bagian timur Kabupaten Pemalang, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pekalongan. kantor kecamatan Comal terletak di Dsn. Balutan, Kel. Purwoharjo. termasuk satu-satunya pasar yang ada daerah comal yaitu pasar Comal juga berada di Desa Purwoharjo, namun sebenarnya Comal juga merupakan nama Sungai didaerah situ. Dibandingkan dengan wilayah Pemalang bagian barat yang menggunakan dialek Tegal, secara kultural ragam Bahasa Jawa yang  dituturkan lebih dekat ke dialek Pekalongan. Salah satu makanan khas Comal adalah apem coklat.

Desa/kelurahan

    1. Ambokulon
    2. Gandu
    3. Gedeg
    4. Gintung
    5. Kandang
    6. Kauman
    7. Kebojongan
    8. Klegen
    9. Lowa
   10. Pecangakan
   11. Purwoharjo
   12. Purwosari
   13. Sarwodadi
   14. Sidorejo
   15. Sikayu
   16. Susukan
   17. Tumbal
   18. Wonokromo

Kuliner

Salah satu kuliner yang terkenal di Comal antara lain seperti nasi tahu dan megono. Nasi tahu di Comal berbeda rasanya ketimbang nasi tahu di daerah lain. Nasi tahu di Comal menggunakan sambal kacang dan hanya berisi tahu beserta sayuran seperti irisan tomat, bawang, tauge, kol, mentimun. Sambal kacangnya juga tidak 'banjir'.

Comal kota Apem adalah sebutan yang sudah akrab ditelinga masyarakat pekalongan dan Pemalang, karena Apem khas Comal tidak terdapat di KOta-kota lain. namun konon bahwa sebenarnya apem itupun tidak diproduksi di Comal, melainkan orang-orang dari Kesesi, Pekalongan yang memproduksinya dan khusus di jual di pasar comal. Alhasil apem comal sekarang menjadi makanan kahs kecamatan Comal.




Sumber : Klik

0 komentar:

Posting Komentar